Pendidikan anak usia dini
by:susilowati
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel ini adalah bagian dari seri Pendidikan di Indonesia | |
Pendidikan anak usia dini | |
---|---|
Taman kanak-kanak Raudatul athfal Kelompok bermain | |
Pendidikan dasar (Kelas 1-6) | |
Sekolah dasar Madrasah ibtidaiyah Kelompok belajar Paket A | |
Pendidikan dasar (Kelas 7-9) | |
Sekolah menengah pertama Madrasah tsanawiyah Kelompok belajar Paket B | |
Pendidikan menengah (Kelas 10-12) | |
Sekolah menengah atas/kejuruan Madrasah aliyah/kejuruan Kelompok belajar Paket C | |
Pendidikan tinggi | |
Perguruan tinggi: Akademi Institut Politeknik Sekolah tinggi Universitas |
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
- Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
- Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
- Infant (0-1 tahun)
- Toddler (2-3 tahun)
- Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
- Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar